Pembuatan Termometer Sederhana yang berguna untuk kesehatan, sebagai pengabdian masyarakat

PROPOSAL PEMBUATAN TERMOMETER SEDERHANA SEBAGAI TUGAS 
 PENGABDIAN MASYARAKAT
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
 mata kuliah Fisika Kesehatan







Dosen Pembimbing :
Dr.Nana, M.Pd
Disusun oleh:
Wineu Anisa Destiana
Nim :
1803277048
Program Studi:
S1 Keperawatan 1A 
2018/2019
STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS
Jl.K.H Ahmad Dahlan No. 20 Tlp/Fax (0265) 7 73052 Ciamis 46216



LEMBAR PENGESAHAN

Judul       : Laporan Pembuatan Termometer Sederhana Sebagai Pengabdian Masyarakat
Disetujui pada : 09 November 2018
Disetujui oleh :








Dosen Fisika Kesehatan Peneliti




      Dr.Nana, M.Pd Wineu Anisa Destiana







KATA PENGANTAR

  Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat hidayah dan karunianya  penulis dapat menyelasaikan makalah ini. Shalawat beserta salam kita panjatkan kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya hingga pada kita umatnya. Amin.
 Maksud dibuatnya proposal pengabdian masyarakat ini yang pertama adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Fisika Kesehatan. Yang kedua adalah untuk membantu masyarakat agar bisa memanfaatkan botol kaca bekas menjadi barang yang berguna yaitu termometer sedehana. Yang ketiga, membantu masyarakat  dalam hal mempermudah mengukur air hangat yang diperlukan dan baik untuk kesehatan ataupun air dingin, agar masyarakat tidak perlu lagi mengukur air dengan menggunakan alat indra peraba.
  Mudah-mudahan proposal ini dapat bermanfaat.  Mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam proposal ini. Karena  proposal ini masih jauh dari kata sempurna.








Ciamis, 09 November 2018  



Wineu Anisa Destiana





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………i
LEMBAR PENGESAHAN……………………………ii
KATA PENGANTAR…………………………………..iii
DAFTAR ISI …………………………………………….iv
BAB I PENDAHULUAN ………………………………1
A. Latar Belakang………………………………………..1
B. Rumusan Masalah …………………………………..1
C. Tujuan Penulisan …………………………………….1
D. Manfaat Penulisan …………………………………..1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………..2
A. Pengertian Termometer Zat Cair……………….2
B. Fungsi Termometer Sederhana ...………………2
C. Permasalahan …………………………………………2
D. Solusi  ...…………………………………………………..2
E. Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan ……….3
F. Pembuatan Termometer Sederhana ....………4
G. Prinsip Kerja Fisika yang Digunakan ………..5
BAB III METODE PELAKSANAAN
A. Metode Pelaksanaan ……………………………….6
B. Jadwal Kegiatan.………………………………………6
C. Anggaran Biaya ………………………………………6
D. Gambar Iptek ………………………………………....7
LEMBAR PENGESAHAN MITRA…………………..8
DAFTAR PUSTAKA …………………………………….9





BAB 1
PENDAHLUAN

Kata kunci : Termometer sederhana, air hangat.
A. Latar belakang
  Ilmu Pengetahuan Alam dikembangkam oleh manusia dengan tujuan memahami gejala alam untuk memprediksi masa depan guna mencapai kehidupan yang lebih baik. Fisika sebagai bagian dari IPA mengkaji prilaku, struktur dan interaksi benda secara empirik. Fatonah (2014: 43). Salah satu hasil teori fisika adalah termometer.  Di Indonesia,  termometer yang banyak digunakan adalah termometer celsius yang menggunakan ukuran 0 hingga 100 derajat. Secara umum termometer untuk zat atau benda cair terbuat dari pipa kaca yang diisi dengan zat cair juga yang digunakan sebagai pengisi termometer karena zat berbentuk cair ini akan mengalami perubahan volume jika terjadi perubahan suhu. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat. Cairan yang digunakan sebagai zat pengisi termometer adalah berupa cairan air raksa atau alkohol. Namun dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sering menggunakan indra peraba untuk mengukur suhu, termasuk suhu air.
  Agar masyarakat tidak perlu lagi menggunakan indra peraba dalam menentukan suhu air. Maka dari itu disini kita akan membuat termometer sederhana dari barang bekas menggunakan prinsip pemuaian. Dimana termometer tersebut dapat digunakan untuk mengetahui suhu suatu cairan. Salah satu cairan tersebut adalah air. Air tersebut bisa masyarakat gunakan untuk mandi, berendam, menghilangkan rasa gatal, terapi dll.
B. Rumusan masalah
1. Pengertian termometer zat cair
2. Fungsi termometer
3. Analisi permasalahan
4. Solusi
5. Fungsi air hangat untuk kesehatan
6. Bagaimana metode dan hasil pembuatan termometer sederhana
C. Tujun Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian termometer zat cair
2. Untuk mengetahui fungsi termometer
3. Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di masyarakat
4. Bagaimana solusi untuk permasalahan yang terjadi
5. Untuk mengetahui fungsi air hangat untuk kesehatan
6. Untuk memberitahukan metode dan hasil pembuatan termometer sederhana
D. Manfaat Penulisan
Untuk memberitahukan cara membuat termometer sederhana dan manfaatnya.
Untuk memberitahukan penerapan termometer sederhana tersebut bagi kesehatan, yang bisa digunakan oleh masyarakat.


Bab 2
Pembahasan

A. Pengertian Termometer Zat Cair
  Termometer berasal dari bahasa Latin Thermo, yang artinya panas, dan meter yang artinya untuk mengukur. Jadi bisa disimpulkan termometer adalah alat untuk mengukur panas atau suhu.
Termometer zat cair adalah termometer yang menggunakan prinsip pemuaian zat cair. Sedangkan termometer alkohol adalah termometer cairan yang menggunakan alkohol sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan fungsi yang sama.

B. Fungsi Termometer
  Fungsi termometer adalah untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahab suhu. Sedangkan termometer alkohol disini berfungsi untuk mengukur suhu air.

C. Analisis Permasalahan 
   Masyarakat Indonesia masih banyak yang kurang memperhatikan kesehatan kulitnya, terutama pada kulit tubuh mereka. Masyarakat Indonesia cenderung lebih memperhatikan kulit mereka hanya dengan merawatnya menggunakan body lotion saja,  padahal ada hal lain yang yang bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh kita. Salah satunya adalah dengan mandi atau berendam air hangat. Selain untuk kesehatan kulit air hangat juga bisa untuk mengobati gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh bakteri,  meregangkan otot-otot tubuh kita, menghilangkan stress, melancarkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi manfaatnya. Namun air yang akan digunakan pada tubuh kita apabila terlalu panas maka akan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, terbakar, iritasi, tekanan darah turun tiba-tiba dll.

D. Solusi
  Dari masalah diatas saya ingin mempermudah masyarakat dalam mengetahui  suhu air hangat yang tepat untuk digunakan mandi atau berendam.
   Maka dari itu disini saya membuat termometer sederhana dari barang bekas menggunakan prinsip fisika. Dimana termometer tersebut dapat digunakan untuk mengetahui suhu suatu cairan. Salah satu cairan tersebut adalah air. Air tersebut bisa digunakan masyarakat untuk mandi, berendam, menghilangkan rasa gatal, terapi dll. Dan dengan cepat masyarakat dapat mengetahui suhu yang pas untuk digunakan.



E. Manfaat Air Hangat untuk Kesehatan
  Manfaat air hangat untuk kesehatan sebenarnya banyak sekali. Manfaat air hangat itu sendiri ada dengan cara diminum ada juga dengan cara bukan diminum seperti mandi, berendam, membasuh dll. Tetapi yang akan dibahasa disini adalah manfaat air hangat bukan dengan cara diminum. Manfaat air hangat bagi kesehatan dengan cara bukan diminum diantaranya:
a) Digunakan untuk mandi, air hangat yang digunakan tidak boleh lebih dari 40 derajat celsius, dan lama mandinya 10-15 menit saja. Bermanfaat untuk: melancarkan sirkulasi darah, membantu agar tidur lebih nyenyak, membersihkan kulit, mengurangi sakit kepala/ stres, menyehatkan jantung.
b) Digunakan untuk terapi, suhu air hangat yang digunakan sebaiknya 33-37 derajat celsius, bisa dengan cara berendam di bath tub dengan air hangat, dan juga bisa dengan membuat kompresan. Bermanfaat untuk: membantu kesehatan tulang dan jantung, merilekskan otot tubuh dan mengobati kram, mengurangi rasa nyeri saat haid.
c) Digunakan untuk rendam kaki yang gatal atau terkena jamur kulit, dengan cara merendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur garam, dengan suhu 33-37 derajat, kemudian masukan kaki perlahan kedalam wadah yang berisikan air hangat, lalu gosok perlahan kulit yang gatal atau terkena jamur kulit kurang lebih selama 15 menit. Agar cepat sembuh sebaiknya dilakukan 1 hari 1 kali.

F. Pembuatan Termometer Sederhana
 Untuk membuat termometer sederhana ini hal yang perlu diperhatikan adalah prinsip kerja termometer tersebut. Prinip kerja termometer ini adalah pemuaian zat. Maka kita perlu memilih zat cair yang peka terhadap perubahan suhu, zat cair tersebut harus cepat bereaksi saat terjadi perubahan suhu. Biasanya zat cair yang digunakan dalam termometer zat cair adalah air raksa, namun air raksa itu sendiri memounyai kekurangan diantaranya: harga air raksa mahal, dan bila tabung atau botol pecah raksa sangat bebayaha. Maka dari itu dalam pembuatan termometer ini kita menggunkan air alkohol sebagai pengganti raksa. Karena air alkohol lebih murah dibandingkan air raksa, dan lebih cepat mengalami pemuaian walaupun perubahan suhunya kecil, sehingga dapat lebih akurat.
  Tahap pertama dalam pembuatan temometer sederhana ialah menyiapkan alat dan bahan.
Alat dan bahan:
Gunting
Spidol
Benang
Mangkuk
Botol kaca bekas yang telah bersih dan kering
Sedotan bening
Alkohol 70%
Pewarna makanan
Plastisin atau lilin mainan
Air hangat


Setelah alat dan bahan lengkap barulah kita mulai tahap pembuatan, yaitu sebagai berikut:
1) Isi botol kaca dengan alkohol 70%
2) Masukan pewarna makanan kedalam botol yang telah terisi alkohol kurang lebih dua sampai empat tetes.
3) Masukan sedotan kedalam botol, tetapi jangan sampai ujung sedotan menyentuh permukaan botol.
4) Tutup permukaan mulut botol dengan menggunakan plastisin sampai rapat hingga tidak ada udara yang dapat masuk kecuali dari lubang sedotan. Dilakukan dengan hati-hati jangan sampai sedotan gepeng.
5) Tes termometer apakah sudah dapat bekerja atau tidak denga cara menyeiapkan mangkuk yang telah diisi dengan air hangat (hangat kuku/ suhu 33-37 derajat celsius) , kemudian masukan botol termometer kedalam mangkuk tersebut dan lihat apakah ada perubahan pada alkohol tersebut jika air  alkohol naik maka termometer berhasil.
6) Buat garis pada botol menggunakan spidol sesuai dengan permukaan alkohol yang ada dalam sedotan.
7) Keluarkan botol termometer dari mangkuk, kemudian ikatkan benang pada botol sesuai garis yang tadi telah di garis menggunakan spidol (untuk menandakan alkohol tersebut adalah kenaikan alkohol yang suhu airnya dapat digunakan untuk kulit tubuh).

G. Prinsip kerja fisika yang digunakan
 Prinsip kerja yang digunakan dalam pembuatan termometer sederhana ini adalah perubahan volume zat cair yang terdapat di dalam botol termometer (alkohol). Prinsip kerjanya ialah ketika terjadi penambahan atau pengurangan suhu pada termometer maka alkohol pun akan mengalami penambahan atau pengurangan volume. Ketika suhu bertambah maka volume bertambah dan ketika suhu berkurang volume pun berkurang. Hal ini disebabkan karena udara yang terhalang didalam botol akan memuai saat pemanasan dan menekan kepermukaan air dan alkohol naik kedalam sedotan. Kenaikan alkohol tersebut disebabkan karena alkohol sudah tidak cukup di dalam ruang botol. Sedangkan ketika terjadi penurunan suhu maka alkohol akan menyusut dan turun kebawah.



Prinsip  Kerja Termometer dan Media Arah perpindahan alkohol
1. Alkohol Air dingin atau es Alkohol turun
2. Air panas atau hangat Alkohol naik




BAB 3
METODE PELAKSANAAN


A. Metode Pelaksanaan
  Metode pelaksanaan ini menggunakan metode Observasi. Pengertian penelitian Observasi adalah teknik pengumpulan data dimana peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan (Riduan, 2004, 104).  Dengan rencana kegiatan, yaitu sosialisasi program.

B. Jadwal

No Nama Kegiatan Hari
1 2 3 4 5 6 7




C. Anggaran Biaya

No Nama Barang Harga
1 Alkohol 6.000,.
2 Plastisin 3.000,.
3 Pewrna makanan 3.000,.
       TOTAL BIAYA         12.000,.






D. Gambar Iptek

           
Gambar 1                                 
                     

Gambar 1 adalah alat dan bahan yang             
dibuthkan dalam pembuatan                             
termometer sederhana.                                     



Gambar 2
Gambar 2 adalah gambar
termometer sederhana yang telah jadi dan dapat dipakai.
           

   
Gambar 3 

Gambar 3 adalah gambar air yang  telah di ukur suhunya menggunakan termometer  sederhana.


Gambar 4

Gambar 4 adalah peta lokasi
 mitra sasaran, yang berlokasi  di desa Jatinagara.
sehingga airnya dapat digunakan  untuk merendam kaki yang gatal.








LEMBAR PENGESAHAN MITRA

Laporan pengesahan Pengabdian Masyarakat yang berjudul “Pembuatan Termometer Sederhana Sebagai pengabdian masyarakat”.
Dilaksanakan pada :
 Tempat : Rumah warga yang bersedia dijadikan                    mitra
 Waktu   : 03 November 2018
Mengetahui:












           Mitra Peneliti






Nurul Indah Fauzia Wineu Anisa Destiana









DAFTAR PUSTAKA

Jurnal: PROTOTIPE TERMOMETER BERBASIS TERMOELEKTRIK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR oleh Sugeng Riyadi
 https://media.neliti.com/media/publications/120873-ID-prototipe-termometer-berbasis-termoelekt.pdf 

https://doktersehat.com/manfaat-mandi-air-hangat-bagi-kesehatan/

http://yayhapink.blogspot.com/2014/06/laporan-termometer-sederhana.html

Komentar

  1. Sangat bermanfaat , untuk masyarakat karena termometer dimasyarakat kita merupakan barang yg jarang ada di rumah2 penduduk.
    Padahal manfaat nya cukup besar..

    BalasHapus
  2. Bagus sekali. Dan pembuatannya juga sederhana.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus

Posting Komentar